Tempat Jual Madu Kelulut Trigona Terbaik Dan Terpercaya

Tempat Jual Madu Kelulut Trigona


Tempat Jual Madu Kelulut Trigona


Tempat Jual Madu Kelulut Trigona - Madu dari lebah kelulut trigona salah satunya dihasilkan dari hutan mangrove disebuah Desa yang namanya Desa Labuh Air Pandan, Mendo Barat, Bangka Belitung. Lebah ini bisa didapat dengan cara menebang pohon tempat sarangnya yang berada di dalam batang pohon tua.

Meskipun pohon yang dijadikan tempat sarang dari lebah kelulut trigona ini merupakan pohon mati, namun saking tingginya permintaan madu trigona membuat banyak pohon ditebang atau memang sengaja dimatikan.

Tempat Jual Madu Kelulut Trigona - Salah satu dari cara untuk menata produksi madu lebah kelulut trigona tanpa merusak pohon adalah dengan cara skema budidaya. Yakni dengan cara memanfaatkan satu pohon mati untuk kemudian diisi dua koloni lebah kelulut.

Baca juga >>> Pusat Madu Asli Trigona






Tempat Jual Madu Kelulut Trigona



Dominasi rasa asam dan sedikit manis, serta nilai jual yang cukup tinggi yang berkisar Rp600-700 ribu per kilogram, sehingga membuat madu lebah kelulut Trigona ini menjadi salah satu sumber ekonomi masyarakat di Desa Labuh Air Pandan, Kecamatan Mendo Barat, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Namun di balik itu semua memang ada harga mahal yang harus dibayar!

Madu dari lebah kelulut trigona tidak memiliki musim. Hal ini dikarenakan, memang ekosistem mangrove di sekitar Desa Labuh Air Pandan masih tetap terjaga, nektar bunga bisa tersedia sepanjang tahun.

Dalam satu bulan, kami ternyata bisa mendapat dua hingga tiga kilogram madu trigona, Madu ini biasanya kami kemas dalam botol plastik dan langsung kami pasarkan ke kota atau melalui online media sosial. Hasilnya memang lumayan, sebagai penghasilan sampingan untuk kami yang memang berprofesi sebagai nelayan dan petani,” terang Dedi salah seorang petani madu trigona.

Baca juga >>> Harga Madu Trigona Asli Per Liter




Tempat Jual Madu Kelulut Trigona Terbaik Dan Terpercaya

Tempat Jual Madu Kelulut Trigona


Tempat Jual Madu Kelulut Trigona - Desakan permintaan pasar yang begitu besar tentunya akan berpotensi menggerus nilai-nilai kearifan lokal terhadap pengelolaan dari hasil madu. Misalnya dengan mematikan sejumlah pohon agar didatangi lebah kelulut trigona. Selain itu, lebah kelulut yang biasa dipanen secara banyak dan cepat atau tidak diatur untuk produksinya akan bisa merusak ekosistem alam.

Oknumnya tentu juga pelaku ekonomi dan bisnis madu kelulut trigona yang eksploratif, senantiasa berusaha memenuhi permintaan pasar tanpa harus mengenal musim. Hal ini sangat kontradiksi sekali apabila ada badan usaha yang menjual madu kelulut trigona namun tidak memiliki basis produksi yang jelas,

Budidaya sebagai solusi
Di satu tahun terakhir ini, di Desa Labuh Air Pandan sudah berdiri sebuah Kelompok Tani Hutan Sigambir Balapan yang juga berkerja sama dengan KPHP Sigambir, dan membuat usaha budidaya madu lebah kelulut /Trigona

Baca juga >>> 8 Tips Agar Badan Selalu Fit Dan Segar






Tempat Jual Madu Kelulut Trigona


Tempat Jual Madu Kelulut Trigona -  “Dengan adanya skema ini, satu pohon yang diisi satu koloni lebah kelulut bisa untuk dipecah menjadi dua koloni. Kami biasa menggunakan potongan pohon bekas, sebagai media saat lebah bersarang.
Hingga saat ini, ada sekitar 30 koloni lebah yang sudah berhasil dibudidayakan. Dengan hitungan,bahwa setiap koloni bisa menghasilkan empat ons madu per setiap pekan.

“Meskipun hingga saat ini, belum ada cara cepat bagaimana memindahkan koloni tanpa harus menebang pohon. Paling tidak, dengan adanya cara budidaya ini bisa mengurangi angka penebangan pohon karena pada madu kelulut trigona adalah sumber ekonomi alternatif. Saat ini kami tengah mencoba untuk memecah koloni yang dulunya dua hingga menjadi tiga koloni,” katanya.

Bukan berarti tanpa hambatan, kadar air yang cukup tinggi menjadi salah satu kelemahan dari hasil madu budidaya. Hal ini juga dikarenakan, sarang lebah berada pada kotak kayu sekitar ukuran 30 sentimeter persegi yang hanya ditutup pakai plastik. Hal ini berbeda dengan madu di alam liar, yang cukup aman dari kandungan air karena berada di dalam pohon.

Baca juga >>> Cara Agar Badan Selalu Sehat




Belanja Lebih Mudah Di Tempat Resmi Jual Madu Kelulut Trigona


Tempat Jual Madu Kelulut Trigona


Tempat Jual Madu Kelulut Trigona - “Semakin banyak kadar air pada madu, maka untuk nilai jual madu semakin murah. Dulu, pernah dicontohkan di saat penyedotan kadar air dengan menggunakan teknologi mesin yang dibawa oleh KPHP, namun nyatanya sampai saat ini mesin tersebut tidak dapat kami peroleh. Kondisi dari sarang pun banyak yang terbengkalai karena memang kurang perawatan,” kata Dedi Suryadi.

“Akan tetapi, untuk proses budidaya semacam ini juga perlu diwaspadai secara ketat, karena bisa terkesan destructive jika sudah dalam skala yang luas. Terlebih, lagi apabila hal ini sudah merusak habitat atau ekosistem tertentu yang dilindungi,” kata Jessix Amundian, Direktur Walhi Bangka Belitung.



Tempat Jual Madu Kelulut Trigona


Tempat Jual Madu Kelulut Trigona -  Madu lebah kelulut trigona merupakan hanya sebagian kecil dari hasil kekayaan alam yang ada di desa yang berdekatan dengan Desa Kota Kapur, yang mana lokasinya dipisahkan oleh aliran Sungai Mendo sepanjang 24,76 kilometer. Ekosistem mangrove yang sudah terjaga di sepanjang Sungai Mendo, saat ini menjadi rumah bagi kepiting bakau, udang galah, berbagai jenis kerang, dan sejumlah satwa di Pulau Bangka seperti halnya beruang madu, rusa, kijang, buaya, dan beragam jenis burung.

“Hasil alam di sini saat ini sudah melimpah yang selalu kami distribusikan hampir keseluruh Pulau Bangka. Termasuk madu kelulut Trigona ini, di sinilah salah satu sentranya, karena alam serta hutan bisa mangrovenya terjaga. Terlebih lagi, untuk masyarakat di sini tidak ada yang menambang timah, mayoritas nelayan dan petani,” kata Badarudin, Kepala Desa Labuh Air Pandan.

Untuk mengetahui cara pesan dan informasi tempat jual madu kelulut trigona secara lengkap dan detail bisa anda kunjungi website https://pusatmadutrigona.blogspot.com/

Semoga Bermanfaat





Subscribe to receive free email updates: